Monday 18 May 2015

Tips Cerdas Ajarkan Anak Menabung


Ketika anak-anak sudah mulai mengenal uang saku, biasanya hal ini terjadi ketika anak-anak mulai masuk sekolah dasar. Saat itulah kita sebagai orangtua harus cerdas ajarkan anak menabung sejak dini.

Mengajarkan anak agar dia gemar menabung di usianya yang masih dini jelas bukan hal yang mudah. Tapi sekaligus merupakan hal positif, karena kelak akan terpola menjadi kebiasaan yang baik.

Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips cerdas bagaimana ajarkan anak menabung, berikut tipsnya :

Pemahaman sederhana lewat permainan yang cerdas

Berikan pemahaman pada anak mengenai uang mulai dari jenis, jumlah, dan manfaat dari uang tersebut. Anda dapat memberikan pemahaman lewat sebuah permainan, salah satunya monopoli. Tentunya ini akan sangat menyenangkan bagi mereka. Misalnya anda dapat mengajarkan anak-anak untuk berhemat, ataupun menentukan prioritas keuangan.


Ajak mereka belanja

Di akhir pekan atau saat Anda ingin belanja kebutuhan sehari-hari ajaklah anak Anda. Biasanya saya memberikan anak saya challenge pada mereka dengan memberikan sejumlah uang pada amplop, dan daftar kebutuhan yang harus dibeli. Jika kebutuhan belanja tidak melebihi jumlah uang pada amplop, bahkan masih cukup, saya berikan reward dengan membelikannya es krim baskin robbins rasa favoritnya.


Ajarkan tentang uang saku

Berikan jatahnya per hari, jika uang itu habis sebelum waktunya, dan mereka masih memintanya, jangan diberikan. Hal ini agar mereka belajar mengatur pengeluaran. Di momen ini, Anda dapat mulai mengajarkan padanya untuk menyisihkan uang sakunya untuk ditabung, dan memperingatinya agar uang saku mereka dapat memenuhi kebutuhan harian mereka.


Jelaskan Manfaat Menabung

Berikan penjelasan tentang manfaat menabung secara sederhana.Pengalaman saya, waktu itu anak laki-laki saya pernah minta dibelikan sepatu basket Nike Air Jordan yang harganya berkisar jutaan. Walaupun kami sebagai orangtua masih mampu membelinya, tapi ini adalah saat cerdas ajarkan anak menabug. Kami katakan padanya, bahwa jika ia ingin membelinya harus menyisihkan uang saku yang kami berikan setiap harinya untuk ditabung. Uang saku untuknya kami lebihkan sedikit untuk ditabungnya setiap hari, sekaligus mengajarkannya menabung bukan hanya untuk membeli barang favoritnya, tapi juga dapat mewujudkan cita-citanya. Cita-citanya saat ini ingin liburan ke Amerika yang memang pusatnya olahraga basket dunia.


Hadiahkan celengan unik

Saat ini banyak dijual celengan dengan aneka bentuk, mulai dari tokoh kartun sampai mainan lego. Anak saya yang perempuan sangat suka mainan frozen, saat dia ulangtahun, saya berikan hadiah celengan berbentuk lego dengan karakter frozen. Sekarang dia jadi rajin menabung loh.


Ajak Menabung di Bank yuk

Saat ini anak-anak saya sudah besar, jadi saya mulai ajarkan mereka untuk menabung di bank. Anak laki-laki saya ingin liburan ke Amerika, untuk itu saya mulai ajak dia ke bank untuk membuka rekening tabungan. Setiap bulan saya ajak mereka ke bank, dan membimbing mereka untuk membiasakan diri menabung di bank.


Nah sekian tips cerdas ajarkan anak menabung. Semoga anak-anak kita semakin rajin menabung yah :)

No comments:

Post a Comment